SELAMAT DATANG

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Sabtu, 30 Januari 2010

Profil SMP 3 Sapeken


UPT SMP Negeri 3 Sapeken mulai berdiri dan beroperasi pada tahun 1998, dengan menempati areal seluas 9.395 m2, luas bangunan 680 m2, Status milik Pemerintah, NSS / NPSN: 2010528190591 / 20551867.
Lembaga ini terletak di sebelah tenggara pulau Sapeken tepatnya di Jl. Mercusuar No.17 pulau Sepanjang yang merupakan pulau terbesar di wilayah kecamatan itu. Secara astronomis, pulau Sepanjang (terbagi menjadi dua desa yakni desa Sepanjang dan Tanjung Kiaok ) terletak pada garis 115,65 – 115,85 dan 7,25 LS – 7,40 LS.
Kepemimpinan di sekolah ini telah mengalami beberapa periodesasi. Tercatat nama-nama, Ahmad Sudjai ( Mei 1998 – Desember 2002), Kuntadi Wardono (Desember 2002 – Juni 2004), Agus Sunaryono (Plt. Juli 2004 – Januari 2007), Ach Fudil (Januari 2007 – Pebruari 2008), Sukardi Suroyo ( Pebruari 2008 – Oktober 2009), Abd Kifli ( Oktober 2009 – sekarang).
Sebagai lembaga pendidikan di tingkat menengah, UPT SMP 3 Sapeken terus melakukan peningkatan kwalitas tenaga edukatif maupun administratif sesuai dengan amanat UU No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Kepmendiknas No.44 tahun 2002 tentang Pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, Kepmendiknas No.87 tahun 2004 tentang Standar Akreditasi Sekolah, dan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pada tahun pelajaran 2009/2010 memiliki siswa sebanyak 230 orang yang terbagi dalam 6 rombongan belajar. Dalam menjalankan operasionalnya, sekolah ini dipimpin seorang Kepala UPT SMP, seorang Wakasek, 4 Asisten ( Kurikulum,Kesiswaan,Sarana Prasarana, dan Hubungan Masyarakat) serta para Guru Mata Pelajaran dan Staf Administrasi Kependidikan. Prestasi sekolah yang dicapai di tingkat kabupaten selama ini, tak begitu banyak. Hanya satu orang berhasil menjadi juara 4 guru berprestasi dan juara 3 PTK a.n Abdul Hayyi,S.Pd . Pada tanggal 8 November 2008, SMP 3 Sapeken memperoleh akreditasi dengan peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah tingkat Propinsi.
Dengan predikat tersebut, lembaga terus melakukan pengembangan-pengembangan diantaranya, pengembangan SDM, KTSP,PBM,Sarana dan Prasarana,Manajemen Sekolah,Lingkungan dan Budaya sekolah, Kegiatan Siswa, dan PKH.Prapembelajaran diawali dengan pembuatan program tahunan, program semester, silabus, dan RPP. Dalam proses pembelajaran, menerapkan pendekatan, metode,model pembelajaran yang inovatif, variatif, dan menyenangkan sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran sehingga siswa merasa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Penilaian sebagai umpan balik, dilakukan pada saat proses dan hasil.
Mengacu pada peningkatan standar kompetensi lulusan, kita lakukan strategi dengan memberikan tambahan pelajaran berupa bimbingan khusus bagi siswa akhir.Pengembangan kegiatan kesiswaan terus digiatkan guna memberikan keterampilan tambahan sehingga siswa dapat mengembangkan potensi siswa baik di bidang akademik, maupun non akademik. Sementara manajemen pengelolaan menerapkan manajemen berbasis sekolah dengan tujuan peningkatan partisipasif, transparansif, dan akuntabilitas.

1 komentar:

  1. apa itu foto smpn3 saat ini...??? wah berkmbang pesat ya... pake ac lagi berarti listrik sudah lama masuk

    BalasHapus